Senin, 27 Oktober 2008

MAS BAWANG

Kubur Mas Bawang secara administratif terletak di Desa Telukdalam Kecamatan Sangkapura Pulau Bawean. Kubur tokoh ini berada di tengah pekuburan umum Desa Teluk Dalam yang terletak di sisi Utara lapangan sepak bola.
Kubur tokoh ini nampak menonjol ditengah pekuburan umum dengan di berinya bangunan cungkup beratap seng yang menaungi kubur tokoh Mas Bawang dan kubur pendamping lainnya yang merupakan kerabat dari si tokoh. Cungkup kubur tersebut tidak memiliki dinding pada keempat sisinya. Di bagian luar cungkup diberi pagar batu berbahan batu kali yang tidak dibentuk dan di tata meninggi tanpa perekat. Pagar batu tersebut berdenah empat persegi panjang dengan lebar 5 M, panjang 13 M dengan tinggi 1 M.
Jirat kubur tokoh ini menjadi satu dengan empat kubur lainnya yang berada di dalam cungkup. Jirat tersebut juga menggunakan bahan batu kali yang tidak dibentuk dan di tata meninggi tanpa perekat. Areal di dalam jirat tersebut lebih tinggi di bandingkan lantai halaman di dalam kompleks pagar. Jirat tersebut berdenah persegi empat panjang dengan memiliki ukuran panjang 323 cm dan lebar 173 cm dengan tinggi dari halaman kubur 24 cm.
Nisan tokoh Mas Bawang menggunakan bahan batu andesit yang tidak mengalami pembentukan. Nisan tersebut berupa batu panjang dengan bentuk persegi empat tidak sempurna yang di tanam berdiri. Nisan ini memiliki ukuran lebar 28 cm, tebal 19 cm, tinggi dari permukaan tanah jirat 43 cm dengan jarak antar nisan 135 cm.
Yang juga menarik dari kompleks kubur Mas Bawang ini adalah ditemukannya batu-batu nisan bergaya bentuk gada maupun demakan berhias di sekitar kubur tokoh.

Tidak ada komentar: